Langsung ke konten utama

Modul, Buku Ajar, Handout, Buku Teks, Job-Sheet, dan Buku Referensi


Modul, Buku Ajar, Handout, Buku Teks, Job-Sheet, dan Buku Referensi


1. Perbedaan Modul, Buku Ajar, Handout, Buku Teks, Job-Sheet, dan Buku Referensi.
·         Modul
                        Modul adalah suatu bahan ajar dalam bentuk cetak yang bisa digunakan oleh pelajar untuk belajar secara mandiri, dan juga bisa digunakan oleh pengajar sebagai penyampaian materi secara runtut atau step by step.
·         Buku Ajar
Buku Ajar adalah buku yang digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang disusun oleh pakar dalam bidangnya sebagai sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya.

·         Handout
Handout adalah suatu pembelajaran ringkas yang bersumber dari berbagai literatur yang dirangkum dan relevan dengan materi pokok untuk diajarkan kepada siswa.

·         Buku Teks
Buku Teks adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang pembahasanna fokus pada satu bidang ilmu.

·         Job-Sheet
Job-Sheet adalah sebuah langkah kerja yang berisi pengarahan tentang bagaimana cara penyelesaian suatu pekerjaan tertentu.

·         Buku Referensi
Buku Referensi adalah suatu buku yang berasal dari hasil penelitian yang digunakan untuk mengajar dan meneliti.

2. Fungsi dari masing – masing item.
·         Modul
Modul berfungsi sebagai salah satu sarana belajar siswa secara mandiri sehingga dapat belajar dimanapun dan kapanpun dia mau.

·         Buku Ajar
Buku Ajar berfungsi sebagai suatu sarana dalam pembelajaran dari pakar dalam bidang tertentu sehingga dapat memperoleh informasi secara tepat.

·         Handout
Handout berfungsi sebagai suatu bahan rujukan untuk peserta didik sehingga tidak perlu mencatat dan agar lebih mudah dalam mengingat materi yang diajarkan.

·         Buku Teks
Buku Teks berfungsi sebagai alat bantu pendidik dalam melaksanakan kurikulum, dan juga penentu dalam metode dan teknik pengajaran.
·         Job-Sheet
Job-Sheet berfungsi sebagai pengarahan tentang suatu pekerjaan tertentu.

·         Buku Referensi
Buku Referensi berfungsi sebagai suatu gambaran untuk mengajar dan meneliti dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Kekhasan dari masing - masing item
·         Modul
Kekhasan dari modul adalah :
1. Materi dibagi dalam unit kecil / spesifik sehingga memudahkan dalam belajar
2. Terdapat contoh dan ilustrasi konsep yang abstark sehingga dapat memperjelas pemaparan materi dalam pembelajaran.
3. Menampilkan soal – soal latihan, tugas dan sejenisnya yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan secara mandiri.
4. Stand Alone,  yaitu dimana modul adalah sarana belajar mandiri sehingga tidak diperlukan media lain sebagai pendukung dari materi yang akan disampaikan.

·         Buku Ajar
Kekhasan dari Buku Ajar adalah :
1. Dibuat oleh pakar dalam bidangnya
2. Informasi disusun secara sistematis dan diluapkan dalam bentuk cetakan.
·         Handout
Kekhasan dari Handout adalah :
1. Lebih mudah diingat
2 .Biasanya berupa catatan kecil yang berisi inti pokok sebuah materi

·         Buku Teks
Kekhasan dari Handout adalah :
1. Materi mengikuti dari kurikulum pendidikan nasional yang sedang berlangsung.
2. Memuat suatu bidang studi tertentu.

·         Job-Sheet
Kekhasan dari Job-Sheet adalah :
1. Menjelaskan secara detail tentang suatu pekerjaan termasuk dengan langkah kerja, dan juga alat, bahan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari Job-Sheet tersebut.
2. Terdapat diagnosa.

·         Buku Referensi
Kekhasan dari Buku Referensi adalah :
1. Berasal dari hasil penelitian
2. Isinya sesuai alur logika atau urutan keilmuan
3. Terdapat studi kasus serta ilustrasi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputer dari generasi ke generasi

Komputer dari generasi ke generasi Komputer Generasi Pertama             Komputer generasi pertama berada tahun 1946 – 1959 dengan ciri -   ciri sebagai berikut : 1. Komponen Utama Berupa Tabung Hampa Udara ( Vacuum Tube) 2. Menggunakan Bahasa Mesin 3. Bentuk Besar 4. Input Menggunakan Punch Card             Dalam Komputer Generasi Pertama terdapat kelemahan dan kelebihan tersendiri yaitu : Kelemahan : 1. Bentuk besar hampir memenuhi satu ruangan 2. Memakan listrik banyak 3. Cepat panas 4. Mahal Kelebihan : 1. Dapat menyelesaikan satu masalah dalam satu waktu. 2. Dapat membantu kegiatan militer pada waktu tersebut.             Contoh Komputer generasi pertama yaitu : 1. ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang   dibuat oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering. 2. EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) yaitu pengembangan dari Mesin Von Neumann yang dikembangkan ole

Menelaah Standar Nasional Pengelolaan Satuan Pendidikan

Menelaah Standar Nasional Pengelolaan Satuan Pendidikan 1.       Pengertian -           Menelaah               : mempelajari, menyelidiki, memeriksa, mendalami, memahami -           Standar                  : ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan -           Pengelolaan           : proses -           Satuan Pendidikan : kelompok layanan Pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis Pendidikan. Jadi standar nasional pengelolaan satuan Pendidikan adalah Patokan Nasional pada proses kelompok Layanan Pendidikan. Setiap Satuan Pendidikan wajib memenuhi standar pengelolaan Pendidikan yang berlaku secara nasional yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 19 Tahun 2007 2.       Tujuan Tujuan dari Standar Nasional Pengelolaan Satuan Pendidikan adalah menjamin mutu Pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan banga dan membentuk watak serta perada