SISTEM INFORMASI
Pengertian
Sistem Informasi Menurut Beberapa Ahli
• John F. Nash: Pengertian sistem
informasi menurut John F. Nash adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau
alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan
komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu
manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan
keputusan yang tepat.
• Robert A. Leitch: Menurut Robert A.
Leitch, pengertian sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu
organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung
operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan
menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
• Henry Lucas: Pengertian sistem
informasi menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang
diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung
pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.
• Alter: Pengertian sistem informasi
menurut Alter bahwa sistem informasi adalah sebagai tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia
dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi
produk tertentu dan/jasa bagi pelanggan.
Fungsi
Sistem Informasi
• Meningkatkan aksesiblitas data yang
ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan prantara sistem
informasi.
• Memperbaiki produktivitas aplikasi
pengembangan dan pemeliharaan sistem
• Menjamin tersedianya kualitas dan
keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
• Mengidentifikasi kebutuhan mengenai
keterampilan pendukung sistem informasi
• Mengantisipasi dan memahami akan
konsekuensi ekonomi
• Menetapkan investasi yang akan
diarahkan pada sistem informasi
• Mengembangkan proses perencanaan yang
efektif
Komponen
Sistem Informasi (SI)
komponen-komponen
dari sistem informasi adalah sebagai berikut...
1.
Komponen input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi
2.
Komponen model adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang
memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan
untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3.
Komponen output adalah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang
berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4.
Komponen teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan
dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data,
menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.
5.
Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan
di dalam komputer dengan menggunakan software database.
6.
Komponen kontrol adalah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem
informasi.
Ciri-Ciri
Sistem Informasi
a.
Baru, maksudnya adalah informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi
penerima
b.
Tambahan, maksudnya adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan
tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
c.
Kolektif, maksudnya adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari
informasi yang salah sebelumnya.
d.
Penegas, maksudnya adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah
ada
Komentar
Posting Komentar