Langsung ke konten utama

Menelaah Standar Nasional Pengelolaan Satuan Pendidikan

Menelaah Standar Nasional Pengelolaan Satuan Pendidikan

1.      Pengertian
-          Menelaah               : mempelajari, menyelidiki, memeriksa, mendalami, memahami
-          Standar                  : ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan
-          Pengelolaan           : proses
-          Satuan Pendidikan : kelompok layanan Pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal pada setiap jenjang dan jenis Pendidikan.
Jadi standar nasional pengelolaan satuan Pendidikan adalah Patokan Nasional pada proses kelompok Layanan Pendidikan.
Setiap Satuan Pendidikan wajib memenuhi standar pengelolaan Pendidikan yang berlaku secara nasional yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 19 Tahun 2007
2.      Tujuan
Tujuan dari Standar Nasional Pengelolaan Satuan Pendidikan adalah menjamin mutu Pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan banga dan membentuk watak serta peradaban yang martabat. Kemudian juga mempunyai tujuan agar pengelolaan satuan Pendidikan sama rata secara nasional.
3.      Pedoman
a.       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.      Kalender Pendidikan / Akademik
1.      Sekolah/Madrasah     membuat:
a.       rencana   kerja   jangka   menengah   yang   menggambarkan   tujuan  yang  akan  dicapai  dalam  kurun  waktu  empat  tahun  yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan  komponen  yang  mendukung  peningkatan  mutu  lulusan;
b.      rencana  kerja  tahunan  yang  dinyatakan  dalam  Rencana  Kegiatan    dan    Anggaran    Sekolah/Madrasah    (RKA-S/M)    dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.
2.       Rencana kerja jangka menengah dan tahunan sekolah/madrasah:
a.       disetujui   rapat   dewan   pendidik   setelah   memperhatikan   pertimbangan  dari  komite  sekolah/madrasah  dan  disahkan  berlakunya  oleh  dinas  pendidikan  kabupaten/kota.  Pada  sekolah/madrasah   swasta   rencana   kerja   ini   disahkan   berlakunya oleh penyelenggara sekolah/madrasah;   
b.      dituangkan dalam dokumen yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.
3.      Rencana  kerja  empat  tahun  dan  tahunan  disesuaikan  denganpersetujuan  rapat  dewan  pendidik  dan  pertimbangan  komite  sekolah/madrasah.
4.      Rencana     kerja     tahunan     dijadikan     dasar     pengelolaan     sekolah/madrasah    yang    ditunjukkan    dengan    kemandirian,    kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
5.      Rencana kerja tahunan memuat ketentuan yang jelas mengenai:
a.       kesiswaan;   
b.      kurikulum dan kegiatan pembelajaran;
c.       pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya;
d.      sarana dan prasarana;
e.       keuangan dan pembiayaan;
f.        budaya dan lingkungan sekolah;
g.      peranserta masyarakat dan kemitraan;
h.      rencana-rencana    kerja    lain    yang    mengarah    kepada    peningkatan dan pengembangan mutu.
c.       Struktur organisasi sekolah / madrasah
1.      Struktur     organisasi     sekolah/madrasah   berisi   tentang   sistem   penyelenggaraan  dan  administrasi  yang  diuraikan  secara  jelas  dan transparan.
2.      Semua pimpinan, pendidik, dan tenaga kependidikan mempunyai uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas tentang keseluruhan          penyelenggaraan          dan          administrasi          sekolah/madrasah.
3.      Pedoman     yang     mengatur     tentang     struktur     organisasi     sekolah/madrasah: 1) memasukkan unsur staf administrasi dengan wewenang dan tanggungjawab    yang    jelas    untuk    menyelenggarakan    administrasi secara optimal;
2) dievaluasi    secara    berkala    untuk    melihat    efektifitas    mekanisme kerja pengelolaan sekolah;
3) diputuskan     oleh     kepala     sekolah/madrasah     dengan     mempertimbangkan          pendapat          dari          komite          sekolah/madrasah.
d. Pembagian tugas di antara pengelola kependidikan
a.       kepala sekolah/madrasah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pimpinan pengelolaan sekolah/madrasah;
b.      wakil  kepala  SMP/MTs  melaksanakan  tugas  dan  tanggung  jawabnya sebagai pembantu kepala sekolah/madrasah
c.       wakil    kepala    SMA/SMK,    MA/MAK    bidang    kurikulum    melaksanakan   tugas   dan   tanggung   jawabnya   sebagai   pembantu    kepala    sekolah/madrasah    dalam    mengelola    bidang kurikulum
d.      wakil  kepala  SMA/SMK,  MA/MAK  bidang  sarana  prasarana  melaksanakan   tugas   dan   tanggung   jawabnya   sebagai   pembantu    kepala    sekolah/madrasah    dalam    mengelola    sarana prasarana
e.       wakil    kepala    SMA/SMK,    MA/MAK    bidang    kesiswaan    melaksanakan   tugas   dan   tanggung   jawabnya   sebagai   pembantu    kepala    sekolah/madrasah    dalam    mengelola    peserta didik
f.        wakil  kepala  SMK  bidang  hubungan  industri  melaksanakan  tugas  dan  tanggung  jawabnya  sebagai  pembantu  kepala  sekolah/madrasah dalam mengelola kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri;
g.      guru  melaksanakan  tugas  dan  tanggungjawabnya  sebagai  agen    pembelajaran    yang    memotivasi,    memfasilitasi,    mendidik,  membimbing,  dan  melatih  peserta  didik  sehingga  menjadi        manusia        berkualitas        dan        mampu mengaktualisasikan     potensi     kemanusiaannya     secara     optimum;
h.      konselor melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam memberikan   layanan   bimbingan   dan   konseling   kepada   peserta didik
i.        pelatih/instruktur    melaksanakan    tugas    dan    tanggung    jawabnya memberikan pelatihan teknis kepada peserta didik pada kegiatan pelatihan;
j.        tenaga  perpustakaan  melaksanakan  tugas  dan  tanggung  jawabnya   melaksanakan   pengelolaan   sumber   belajar   di   perpustakaan;
k.      tenaga  laboratorium  melaksanakan  tugas  dan  tanggung  jawabnya  membantu  guru  mengelola  kegiatan  praktikum  di  laboratorium;
l.         teknisi  sumber  belajar  melaksanakan  tugas  dan  tanggung  jawabnya  mempersiapkan,  merawat,  memperbaiki  sarana  dan prasarana pembelajaran;
m.    tenaga  administrasi  melaksanakan   tugas   dan   tanggung   jawabnya dalam menyelenggarakan pelayanan administratif;
n.      tenaga   kebersihan   melaksanakan   tugas   dan   tanggung   jawabnya     dalam     memberikan     layanan     kebersihan     lingkungan.
e. Peraturan akademik
a.       Sekolah/Madrasah  menyusun  dan  menetapkan  Peraturan  Akademik.
b.      Peraturan Akademik berisi: 
·         persyaratan  minimal  kehadiran  siswa  untuk  mengikuti  pelajaran dan tugas dari guru;
·         ketentuan  mengenai  ulangan,  remedial,  ujian,  kenaikan  kelas, dan kelulusan; 
·         ketentuan   mengenai   hak   siswa   untuk   menggunakan   fasilitas belajar, laboratorium, perpustakaan, penggunaan buku pelajaran, buku referensi, dan buku perpustakaan;
·         ketentuan  mengenai  layanan  konsultasi  kepada  guru  mata pelajaran, wali kelas, dan konselor.
·         Peraturan  akademik  diputuskan  oleh  rapat  dewan  pendidik  dan ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.
f. Tata tertib sekolah
g. Kode etik sekolah / madrasah
·         Kode  etik  sekolah/madrasah  ditanamkan  kepada  seluruh  warga  sekolah/madrasah untuk menegakkan etika sekolah/madrasah.
·         Kode   etik   sekolah/madrasah   diputuskan   oleh   rapat   dewan   pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah/madrasah.
·         Kode   etik   sekolah/madrasah   yang   mengatur   peserta   didik   memuat norma untuk:
a.       menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya;
b.      menghormati pendidik dan tenaga kependidikan
c.       mengikuti    proses    pembelajaran  dengan  menjunjung  tinggi  ketentuan  pembelajaran  dan  mematuhi  semua  peraturan  yang berlaku;
d.      memelihara  kerukunan  dan  kedamaian  untuk  mewujudkan  harmoni sosial di antara teman;
e.       mencintai keluarga, masyarakat, dan menyayangi sesama; 
f.        mencintai lingkungan, bangsa, dan negara; serta 
g.      menjaga dan memelihara sarana dan prasarana, kebersihan, ketertiban,    keamanan,    keindahan,    dan    kenyamanan    sekolah/madrasah.
·         Kode  etik  sekolah/madrasah  yang  mengatur  guru  dan  tenaga  kependidikan   memasukkan   larangan   bagi   guru   dan   tenaga   kependidikan, secara perseorangan maupun kolektif, untuk:
a.       menjual     buku     pelajaran,     seragam/bahan     pakaian     sekolah/madrasah, dan/atau perangkat sekolah lainnya baik secara  langsung  maupun  tidak  langsung  kepada  peserta  didik;
b.      memungut biaya dalam memberikan bimbingan belajar atau les kepada peserta didik;
c.       memungut  biaya  dari  peserta  didik  baik  secara  langsung  maupun    tidak    langsung    yang    bertentangan    dengan    peraturan dan undang-undang; 
d.      melakukan  sesuatu  baik  secara  langsung  maupun  tidak  langsung     yang     mencederai     integritas     hasil     Ujian     Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional.
h. Biaya operasional sekolah
i. Pelaksanaan Kegiatan Sekolah/Madrasah
1.      Kegiatan sekolah/madrasah: 
1)      dilaksanakan berdasarkan rencana kerja tahunan;
2)      dilaksanakan    oleh    penanggung    jawab    kegiatan    yang    didasarkan pada ketersediaan sumber daya yang ada.
2.      Pelaksanaan   kegiatan   sekolah/madrasah   yang   tidak   sesuai   dengan   rencana   yang   sudah   ditetapkan   perlu   mendapat   persetujuan    melalui    rapat    dewan    pendidik    dan    komite    sekolah/madrasah.
3.      Kepala     sekolah/madrasah     mempertanggungjawabkan     pelaksanaan  pengelolaan  bidang  akademik  pada  rapat  dewan  pendidik    dan    bidang    non-akademik    pada    rapat    komite    sekolah/madrasah dalam bentuk laporan pada akhir tahun ajaran yang  disampaikan  sebelum  penyusunan  rencana  kerja  tahunan  berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul, Buku Ajar, Handout, Buku Teks, Job-Sheet, dan Buku Referensi

Modul, Buku Ajar, Handout, Buku Teks, Job-Sheet, dan Buku Referensi 1. Perbedaan Modul, Buku Ajar, Handout, Buku Teks, Job-Sheet, dan Buku Referensi. ·          Modul                         Modul adalah suatu bahan ajar dalam bentuk cetak yang bisa digunakan oleh pelajar untuk belajar secara mandiri, dan juga bisa digunakan oleh pengajar sebagai penyampaian materi secara runtut atau step by step. ·          Buku Ajar Buku Ajar adalah buku yang digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang disusun oleh pakar dalam bidangnya sebagai sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh pemakainya. ·          Handout Handout adalah suatu pembelajaran ringkas yang bersumber dari berbagai literatur yang dirangkum dan releva...

Komputer dari generasi ke generasi

Komputer dari generasi ke generasi Komputer Generasi Pertama             Komputer generasi pertama berada tahun 1946 – 1959 dengan ciri -   ciri sebagai berikut : 1. Komponen Utama Berupa Tabung Hampa Udara ( Vacuum Tube) 2. Menggunakan Bahasa Mesin 3. Bentuk Besar 4. Input Menggunakan Punch Card             Dalam Komputer Generasi Pertama terdapat kelemahan dan kelebihan tersendiri yaitu : Kelemahan : 1. Bentuk besar hampir memenuhi satu ruangan 2. Memakan listrik banyak 3. Cepat panas 4. Mahal Kelebihan : 1. Dapat menyelesaikan satu masalah dalam satu waktu. 2. Dapat membantu kegiatan militer pada waktu tersebut.             Contoh Komputer generasi pertama yaitu : 1. ENIAC ( Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang   dibuat oleh Dr. John W. Mauchly dan Joh...

Sejarah Pancasila

Sejarah Pancasila 1. Periode Pengusulan Pancasila Ahli sejarah, Sartono Kartodirdjo, sebagaimana yang dikutip oleh Mochtar Pabottinggi dalam artikelnya yang berjudul Pancasila sebagai Modal Rasionalitas Politik, menengarai bahwa benih nasionalisme sudah mulai tertanam kuat dalam gerakan Perhimpoenan Indonesia yang sangat menekankan solidaritas dan kesatuan bangsa. Perhimpoenan Indonesia menghimbau agar segenap suku bangsa bersatu teguh menghadapi penjajahan dan keterjajahan. Kemudian, disusul lahirnya Soempah Pemoeda 28 Oktober 1928 merupakan momen-momen perumusan diri bagi bangsa Indonesia. Perumusan Pancasila itu pada awalnya dilakukan dalam sidang BPUPKI pertama yang dilaksanakan pada 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945. BPUPKI dibentuk oleh Pemerintah Pendudukan Jepang pada 29 April 1945 dengan jumlah anggota 60 orang. Badan ini diketuai oleh dr. Rajiman Wedyodiningrat yang didampingi oleh dua orang Ketua Muda (Wakil Ketua), yaitu Raden Panji Suroso dan Ichibangase (oran...